Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

Melonjaknya pendaftaran peserta BPJS Kesehatan di kantor BPJS membuat sebuah anterian panjang hanyau untuk mendaftar ke program jaminan kesehatan yang sedang di galakkan pemerintah ini, untuk mengatasi hal itu BPJS membuka cara daftar lewat Internet alias daftar online.
sistem pendaftaran BPJS secara Online diharapkan dapat membantu mengatasi masalah tingginya animo masyarakat untuk mendaftar BPJS Kesehatan di Kantor BPJS. Pendaftaran BPJS dapat dilakukan dengan membuka website www.bpjs-kesehatan.go.id kemudian memilih kolom ‘Layanan’ , klik ‘Pendaftaran Peserta’ kemudian menyetujui Syarat dan Ketentuan..
Sebelumnya Calon peserta supaya menyiapkan beberapa syarat yang diperlukan.: kartu tanda penduduk (Scan KTP), kartu keluarga (Scan KK), kartu nomor pokok wajib pajak (Scan NPWP), alamat e-mail aktif (disarankan GMAIL), serta nomor telepon yang bisa dihubungi.
Setelah membuka website BPJS Kesehatan anda dapat langsung mengisi data pribadi yang diminta sesuai dengan kolom yang disediakan, setelah semua diisi dengan benar selanjunya klik ‘Simpan’. Setelah mengisi formulir secara lengkap, calon peserta diminta untuk memilih besaran iuran sesuai dengan kelas perawatan yang dipilih.
Setelah data tersimpan, sistem akan mengirimkan e-mail Notifikasi Nomor Registrasi ke alamat e-mail sesuai yang diisikan oleh calon peserta. Selanjutnya calon peserta harus melakukan pembayaran di bank sesuai dengan virtual account yang diberikan melalui Bank Mandiri, BRI atau BNI.
Setelah melakukan pembayaran, peserta dapat mencetak e-ID dengan link yang terdapat pada e-mail Notifikasi Nomor Registrasi. Kartu e-ID dapat dicetak sendiri dengan tinta hitam dan memiliki fungsi yang sama dengan kartu peserta BPJS Kesehatan. Kartu ini dibawa ketika berobat beserta identitas pendukung berupa KTP atau KK jika pasiennya berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki kartu identitas.
Setelah sekitar 7 hari pasca mendaftar online, calon peserta bisa mengambil langsung kartu peserta ke Kantor BPJS Kesehatan mana saja. Jangan lupa untuk membawa kelengkapan dokumen berupa KTP asli dan fotokopi, fotokopi KK, foto berwarna ukuran 3×4 dua lembar, formulir pendaftaran yang didapatkan setelah pendaftaran online, serta bukti pembayaran bank.
close